and posted in Tips & Trik

Tips Dalam Berkendara Di Musim Hujan

Di musim penghujan seperti sekarang ini, alangkah baiknya untuk selalu waspada ketika anda ingin berpergian dengan kendaraan pribadi terutama sepeda motor roda 2. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja sepeda motor ketika hujan. Seperti faktor fisik, faktor kultur jalan dan faktor manusia (human error). Semua faktor tersebut tidak dapat dipisahkan, jika kita ingin menjaga keselamatan dalam berkendara.

1. Faktor Fisik Sepeda Motor

a. Faktor Ban sepeda Motor

Ada beberapa tips memilih ban yang baik, yaitu :

  • Yang pasti dan yang paling penting ban tidak botak atau tipis.
  • Alur ban harus tepat untuk memecah air
  • Gunakan ban normal dengan ketebalan antara 70 hingga 90 juga ukuran lebar ban harus normal
  • Hindari ban tanpa pola

b. Faktor Rem Sepeda Motor

Kunci keselamatan kita dalam berkendara yang paling utama adalah rem, karena rem dengan kinerja yang baik akan membuat si pengendara merasa tenang. Lalu bagaimanakah cara memilih rem yang tepat di saat hujan?

Rem dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Rem cakram (Disk Brake)
  • Rem Tromol (Drum Brake)

Hanya saja kedua jenis rem ini ada kelebihan dan kekurangannya, seperti:

Rem Cakram

  • Mempunyai kelebihan yaitu kanvas rem cakram memiliki pelepasan panas yang lebih baik dari pada rem tromol
  • Untuk penggunaan yang lama, rem cakram lebih unggul untuk jalanan yang curam
  • Hanya saja ketika cakram terkena air daya cengkeramannya tidak sebaik saat kering. Sementara pada tromol, keuntungannya sistem yang tertutup jadi terlindungi dari air.

Jadi pada intinya baik rem cakram maupun rem tromol sama penggunaanya, hanya saja baik cakram maupun tromol harus memiliki kanvas rem yang masih bagus.

c. Faktor Tutup Busi Sepeda Motor

Tak kalah penting dan jangan dianggap remeh tutup busi yang melindungi busi dari air. Karena karet pelindung ini berfungsi sebagai pelindung dari radiasi listrik dan juga melindungi dari arus pendek atau korsleting.

2. Faktor Kultur Jalan

Sudah umum kebanyakan jalanan di Indonesia terutama di Jakarta banyak yang berlubang, hal ini perlu diwaspadai oleh para pengendara karena bisa-bisa ketika si pengendara sedang asyiknya berkendara bisa terperosok ke jalanan yang berlubang.

3. Faktor manusia (Human Error)

Dalam berkendara para pengendara diharapkan mampu menguasai jalanan yang akan dilalui. Jangan berkendara saat mengantuk, karena bahaya sekali di musim penghujan cuaca sangat mendukung untuk kita bermalas-malasan jadi pastikan diperjalanan si pengendara akan merasa ngantuk dan kemungkinan akan tertidur di motor. Nah hal ini yang kemudian menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan di jalan.

Ingatlah, keselamatan lebih penting dan jaga selalu kesehatan di musim hujan. Salam One Heart.

 

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *